REZONE

Tempat Berbagi BBM Modifikasi Android, Game PC, Game Mod.

Breaking

Thursday, 22 October 2015

Mengenal XML Pada Android


ReZOne - Sebelum membahas sebuah perintah xml ada baiknya memahami apa itu xml dalam sebuah aplikasi khususnya untuk android.
XML (eXtended Markup Languange) :
Bahasa markup untuk keperluan umum yang disarankan oleh W3C untuk membuat dokumen markup keperluan pertukaran data antar sistem yang beraneka ragam. XML merupakan kelanjutan dari HTML (HyperText Markup Language) yang merupakan bahasa standar untuk melacak Internet. XML didesain untuk mempu menyimpan data secara ringkas dan mudah diatur. Kata kunci utama XML adalah data (jamak dari datum) yang jika diolah bisa memberikan informasi.
XML :
Menyediakan suatu cara terstandarisasi namun bisa dimodifikasi untuk menggambarkan isi dari dokumen. Dengan sendirinya, XML dapat digunakan untuk menggambarkan sembarang view database, tetapi dengan suatu cara yang standar.
Beberapa contoh perintah XML :
<?xml version=”1.0″ encoding=”utf-8″?>
<resources>
<string name=”app_name”>String</string>
<string name=”btn_name”>Fvckin AssHole:</string>
<string name=”funky_format”>This app made by awesome man for awesome user</string> </resources>
Dimulai dari perintah xml pada "Layout"
Layout adalah dimana tempat xml untuk memerintahkan atau membangun sebuah "layout" untuk sebuah tampilan pada android. Semisal statusbar.xml dan lain halnya.
untuk sekarang kita bahas dari layout statusbar.xml

1. Perintah linear layout ini digunakan sebagai layout untuk sebuah konten yang membutuhkan layout sendiri. 

<LinearLayout bla bla bla </LinearLayout>

contoh :
<LinearLayout android:gravity="center" android:layout_gravity="center" android:orientation="horizontal" android:layout_width="wrap_content" android:layout_height="fill_parent" android:layout_weight="1.0" android:layout_centerInParent="true">
        <com.android.systemui.statusbar.CenterClock android:textAppearance="@android:style/TextAppearance.StatusBar.Icon" android:gravity="center" android:layout_gravity="center" android:layout_width="wrap_content" android:layout_height="fill_parent" android:singleLine="true" android:layout_weight="1.0" android:layout_centerInParent="true" /> </LinearLayout>

2. Perintah untuk menentukan posisi layout yg diinginkan
android:gravity="center" android:layout_gravity="center" android:orientation="horizontal" android:layout_width="wrap_content" android:layout_height="fill_parent" android:layout_weight="1.0" android:layout_centerInParent="true"

3. directory perintah utama atau dalam android biasa disebut smali/baksmali
<com.android.systemui.statusbar.CenterClock

4. Perintah konten untuk menampilkan sebuah gambar yg berfungsi "button" atau tombol. perlu diingat untuk perintah ini dibutuhkan sebuah parent layout jadi sebelum coding ke <ImageButton> sebelumnya harus mempunyai line <linearlayout> lalu diteruskan dengan <ImageButton> dan ditutup dengan </LinearLayout>

<ImageButton

5. Perintah untuk menampilkan sebuah background/latar belakang untuk sebuah konten atau parent layout.

android:background

Perintahnya seperti berikut :
<com.blabla.bla android:background="@drawable/contohbackground"> 
untuk tulisan contohbackground sendiri itu mempunyai dua kemungkinan yaitu antara gambar berekstensi .png, .jpg atau bisa dengan perintah lagi yaitu xml. tapi untuk android background sendiri kebanyakan hanya langsung menjadi gambar. sedangkan untuk konten seperti tombol biasanya dilarikan ke xml dimana perintah xml tujuan akan memerintahkan beberapa tombol yg berfungsi, focus, press dll (berdasarkan codingannya).
6. Perintah untuk mengganti warna pada konten text.. pada perintah ini pun bisa dilarikan ke xml lagi atau ditulis secara langsung. 

android:textColor dan android:textSize

7. dip dan px
Adalah "ukuran" baik untuk konten gambar atau text. untuk android sendiri kebanyakan menggunakan dip sedangkan saya sendiri menggunakan px (pixel). saya sendiri menggunakan pixel agar lebih mudah untuk menghitung khususnya untuk konten bergambar.


Demikian artikel tentang Mengenal XML Pada Android, jika ada pertanyaan atau ada yang mau memberi tambahan silahkan tinggalkan di komentar.



1 comment: